Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Pakaian di Tengah Wabah Corona Covid-19


JURAGAN LONDRY – Hingga akhir April 2020 ini, kondisi wabah Covid-19 atau virus Coron  di Indonesia masih  belum menunjukkan akan terhenti secara cepat. Hal itu melihat data kasus positif Corona di Indonesia mencapai 9.096 ,  yang sembuh 1.151 dan yang meninggal sebanyak 765 orang. Sedangkan di dunia dari 213 negara terkonfirmasi positif 2.883.603 kasus dan yang meninggal 198.842. (Tgl 28/04/2020 SUMBER DI SINI)

Yang cukup mengerikan, virus ini menyerang dengan  cepat terutama pada paru-paru bahkan dengan gejala yang tidak nampak. Corona juga disebut sebut mampu bertahan lama ketika menempel pada benda di sekitar manusia.

Dengan demikian, para pengusaha laundry di tanah air cukup was-was menghadapi situasi seperti ini. Khawatir terjadi penularan melalui pakaian yang masuk pada tempat laundrynya. Beberapa pengusaha laundrpun bah kan ada yang menutup sementara usahanya. Namun ada juga yang  masih menjalankan usaha secara rutin dengan berbagai prosedur yang diterapkan untuk menghindari penulran virus.

Ilustrasi Virus CORONA/COVID-19

Bagaimaan cara aman mencuci pakaian di laundry baik untuk pelaku usaha maupun untuk pengguna jasa? Sejauh ini penulis belum menemukan prosedur  baku dalam pencucian mengantisipasi penularan virus Corona. Hanya saja  beberapa media melaporkan, cara mencuci pakaian  di tengah musim pandemi.

Diberitakan SUARA.COM mengutif CEO Laundryheap Deyan Dimitrov. Berikut beberapa tips cara mencuci baju supaya tidak menyebarkan Covid-19.




1. Pencucian dengan Suhu Panas
Pada mesin cuci front lauding, biasanya terdapat fitur pencucian dengan air panas secara otomatis hingga 90 derajat celcius. Suhu panas akan membantu membunh bakteri serta mencegah penularan virus. Dengan  demikian, diharapkan virus covid-19 bisa mati dengan suhu panas tersebut. Menurut ahli, virus Corona akan mati dengan suhu 56 derajat Celcius selama 30 menit. 

2. Bersihkan Mesin Cuci Masih menurut artikel tersebut, selain mencuci secara benar, harus diperhatikan pula kebersihan mesin cuci. Salah satu langkahnya, memberi disinfektan ke mesin cuci selain membersihkan kerak-kerak yang sudah  menempel pada mesin cuci.

3. Pilih Detergen yang tepat
Pilih detergent yang  tidak mengandung terlalu banyak busa. Busa berlebihan di mesin justeru akan menjebak kotoran pada pakaian dan kotoran susah hilang.

4. Ini tambagan dari penulis guys. 
Seandainya memungkinkan, tanyakan kepada pelanggan laundry anda, apakah pakaian  yang dicuci kira kira aman dari virus. Meski ini agak sedikit kurang mengenakan, namun  bisa dilakukan  dengan  hati-hati jangan sampai menyinggung. 
Nah itu tadi, cara mencuci pakaian di laundry di musim corona. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Mencuci Pakaian di Tengah Wabah Corona Covid-19"