Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Cuci Karpet Masjid dan Mesin Sikat Karpet Otomatis


Penggunaan karpet di masjid menjadi kemestian. Selain kenyamanan juga keindahan dari tampilan karpet. Karpet masjid umumnya merah, hijau, biru dipadu dengan warna lain atau motif tertentu. Ragam karpet yang digunakan dalam masjid. Namun fungsi utamanya digunakan untuk shalat.

Karpet bersih, wangi dan terjaga kesuciannya akan mendukung shalat terasa khusk dan damai.  Dalam penggunaan karpet ada yang setiap saat digelar atau digelar pada hari -hari tertentu. Semakin lama penggunaan, tentu karpet ini akan mengalami kotor, terutama bagian karpet yang dekat dengan pintu yang biasanya basah dengan air bekas cuci kakai wudlu.

Dengan demikian, membersihkan karpet mutlak harus dilakukan. Selain untuk kebersihan juga kesucian tempat shalat menjadi salah satu syarat sahnya shalat. Karpet kotor, kena najis tentu shalatnya menjadi tidak sah. 

MESIN SIKAT KARPET BISA KONTAK DI SINI 

Mesin Sikat Karpet 


KARPET MASJID 
Banyak cara membersihkan karpet masjid. Mulai yang sederhana dengan peralatan sederhana hingga yang rumit dengan perlatan modern dan canggih. Membersihkan karpet juga bisa dengan disdot pakai vacuum cleaner dan dibersihkan dengan cara disikat dengan air banyak.

Bagi yang kotor karena debu, bisa disdot menggunakan vacuum cleaner. Namun bagaimana jika terkena nasjis,seperti kena kencing anak-anak yang bermain di masjid atau kotoran hewan yang masuk mesjid tanpa diketahui pengurus.


Cara Mencuci Karpet Masjid 

Berikut ini cara mencuci karpet masjid agar bersih dan hasilnya tidak apek. 
  1. Hamparkan karpet masjid di lantai yang datar. 
  2. Berikan air secukupnya hingga terlihat basah secara merata pada permukaan karpet. 
  3. Beri sabun atau detergen kemudian sikat baik dengan mesin ataupun dengan sikat tangan
  4. Untuk mempermudah membuang busa bekas gosokan, sebaiknya diseret dengan sbcruber lantai hingga terlihat bersih. Kemudian siram atau semprot pakai air bersih.
  5. Untuk menghindari bau apek setelah kering, berilah kaporit secukupnya pada saat pembilasan karpet. Pemberian kaporit jangan dicampur pada wadah dengan sabun atau detergen. Biarkan tercampur pada proses pencucian pada karpet yang sedang disikat. 
  6. Jika sudah bersih, gulung karpet dan sebentar ditiriskan atau disandarkan pada dinding. 
  7. Jika sudah turun air, lalu jemur di bawah terik mentari  hingga kering. 


Tahap berikutnya, jika sudah kering periksa kembali karpet yang sudah dicuci. Apakah masih terdapat debui atau sudah bersih. Jika masih ada debu, mestinya disedot menggunakan vacuum cleaner. 

Berikut ini mesin cuci karpet masjid yang bisa menjadi alternatif alat cuci karpet secara sederhana dengan hasil memuaskan. Namanya mesin sikat karpet. Bentuknya sangat sederhana dengan fungsi yang cukup maksiumal. 

Mesin sikat karpet ini bekerja dengan tenaga listrik. Operator tinggal mendorong mesin sikat ke arah mana sikat diarahkan. Fleksibilitas roda pada bagian bawah, membuat sikat ini nampak ringan saat digunakan. 



Spesifikasi Mesin Sikat Karpet Masjid : 

1. Tinggi mesin 33 CM 
2. Pegangan mesin 60 cm
3. Panjang mesin 30 cm
4. Daya listrik 125 - 200 watt 
5. Berat 10  kilogram
6. 4 roda pleksibel

Kelebihan mesin sikat karpet :
1. Didesain untuk mensikat karpet dalam keadaan terendam air.
2. Fungsi sikat seperti sikat tangan. 
3. Harga ringan. 
4. Menggunakan sparepart yang sudah tersedia di toko, yang kualitasnya suah terjamin. 
5. Cocok bagi pelaku usaha cuci karpet yang  membutuhkan produksi besar, tenaga manusia terbatas.

Cara mencuci karpet masjid juga bisa dilakukan dengan manual, yakni dengan sikat tangan. Caranya seperti di atas, bedanya pada proses penyikatan. 

Berikutnya alat sikat karpet otomatis. Seperti namanya, mesin ini bekerja secara otomatis. Operator tinggal memencet tombol mesin yang dibutuhkan. Cara kerjanya seperti printer kertas. Karpet masuk pada alat sikat karpet, lalu mesin bekerja membersihkan. 

Perlengkapan mencuci karpet sudah terintegrasi pada mesin. Air dan detergen sudah masuk mesin sehingga operator tidak lagi menambahkan detergen secara manual. Begitu keluar, karpet sudah dalam keadaan bersih dan tinggal dimasukkan pada spiner karpet atau pengering. 

Berikut VIDEO MESIN SIKAT KARPET OTOMATIS


Cara merawat karpet masjid supaya Awet. 
  1. Selain dicuci dengan air, sangat dianjurkan karpet divacuum secara rutin. Baik seminggu sekali atau sebulan sekali atau tergantung kebutuhan. 
  2. Usahakan tidak terlalu sering terkena air. Pastikan karpet selalu kering. 
  3. Lakukan penjemuran jika dibuthkan. 
  4. Gulung jika tidak digunakan. 

2 komentar untuk "Alat Cuci Karpet Masjid dan Mesin Sikat Karpet Otomatis "