Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Cara mencuci Karpet Paling Banyak Dilakukan

Mencuci karpet gampang gampang susah. Salah menanganinya, karpet malah bau apek seteleh kering dijemur. Ada dua cara dalam mencuci karpet, terutama yang dilakukan jasa laundry karpet.
Pertama, Mencuci Karpet Semi Kering

Maksudnya, mencuci karpet tidak menggunakan air banyak seperti mencuci karpet biasa. Teknis ini karena situasi dan kondisi di mana karpet berada. Umumnya, tenik ini dilakukan jika karpet yang dibersihkan tidak bisa diangkut, seperti halnya karpet aula, perkantoran atau ruang besar. Untuk mengangkut karpet seperti ini sangatlah sulit, apalagi banyak properti ruaangan yang mesti disingkirkan terlbih dahulu.

  1. Bersihkan debu dengan vacuum cleaner.
  2. Sediakan alat-alat pencuci seperti detergent khusus, mesin sikat karpet atau polisher, blower serta vacum wet dry.
  3. Setelah debu bersih divacuum, lalu beri cairan pembersih karpet yang akan dibersihkan. Kemudian bilas dengan polisher atau mesin sikat hingga keluar busa. Lalu sedot busa dengan vacuum cleaner wet dry (sedort basah) hingga cukup).
  4. Setelah itu, blower karpet tersebut atau dengan pengering khusus.
  5. Teknik ini bisa seluruh karpet dibilas atau bisa titik tertentu yang dibilasnya.
  6. Kendala teknik ini, operator harus dilengkapi dengan alat-alat yang lengkap, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.



Mesin Sikat Karper Laundry (www.sikatkarpet.blogspot.co.id)


Teknik kedua, cuci karpet basah. Teknik ini biasa dilakukan oleh rumah tangga atau jasa laundry. Lakukan cara berikut :

  1. Hamparkan karpet pada lantau yang rata atau semi bak yang biasa digunakan. Baiknya, bak tersebut bisa menampung genangan air 3-5 cm kedalam air. Tujuannya supaya karpet bisa direndam, terutama jika ada kotoran yang lekat.
  2. Setelah seluruh permukaan karpet basa, berilah detergent atau sabun colek dan kaporit tabur (hindari bau), lalu bilas dengan mesin sikat, polisher maupun sikat tangan.
  3. Setelah disikat, seret busa dengan swiper air (alat untuk seret air di lantai) hingga busa hilang.
  4. Lalu semprot dengan air, bagunya tekanan tinggi.
  5. Lalau gulung karpet dan senderkan di dinding hingga air turun, kemudian jemur di bawah terik matahari atau dengan pengering.
  6. Gunakan kaporit sebagai campuran sabun, manfaatnya untuk menghindari bau apek dari kuman dan bakteri yang tidak mati. Serat-serat karpet, merupakan daerah yang sangat nyaman bagi bakteri bau untuk berkembang biak. Dengan kaporit, bakteri akan mati.

Demikian, cara mencuci karpet. Silahkan dicoba.

Posting Komentar untuk "Dua Cara mencuci Karpet Paling Banyak Dilakukan"