Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Alat Cuci Karpet Paling Minimal untuk Jasa Laundry Karpet

JURAGAN LONDRY  – Bisnis laundry dengan modal terbatas harus pandai-pandai mensiasati keadaan modal. Sehingga benar-benar dalam mengadakan peralatan atau perlengkapan penunjang bisnis laundry kita sangat efisien.

Bagi pemula bisnis laundry karpet, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Antara lain, peralatan mesin cuci karpet yang bisa dibeli terlebih dahulu atau ada yang bisa ditangguhkan dalam keadaan karena modal belum siap penuh.




ALAT CUCI KARPET
Sikat Karpaet Semi 

Hemat penulis, yang paling urgen dalam cuci karpat, alat sikat atau mesin sikat. Beberapa mesin sikat yang sering digunakan oleh pengusaha laundry, mesin polisher atau mesin pembersih lantai.  Sayang, harga polisher masih cukup mahal bagi pengusaha kelas UKM, mulai Rp9-Rp12 jutaan

Selain itu, sepengatahuan penulis, ADA SIKAT KARPETSalah satunya di www.sikatkarpet.blogspot.com. Meski bentuknya relatif sederhana tetapi dari beberapa video yang diperlihatkan produsen mesin sikat karpet tersebut, kinerjnya cukup efektif.


Produsennya juga mengklaim,  kinerja mesin sikat karpet membuat proses pencucian karpet sangat cepat dan bersih sehingga produksi bisa lebih besar. Harga juga relatif murah, di blognya tercantum tertera Rp1,6 juta saja belum termasuk ongkir.

Perlatan kedua cuci karpet,  tentu mesin pengering.  Yang diketahui penulis kalau pengering khusus karpet belum ada produsen rumahan. Dari beberapa website banyak yang menawarkan mesin spiner atau mesin peras.

Klaim penjual spiner tersebut 90%  karpet sudah kering sehingga sengat cepat kering saat dijemur. Cara kerja spiner ini hanya memeras, seperti cara kerja memeras pakaian di mesin dua tabung. Harga yang tertera di website nya relatif masih mahal untuk ukuran UKM.

Pengering karpet juga bisa berbentuk dryer. Beberapa produsen pengering menawarkan sistem blower. Karpet disimpan di ruang tertutup dan diberi penghangat atau udara panas yang disemburkan melalui blower tersebut. Pemansnya menggunakan gas jadi relatif lebih irit.  Penulis belum tahu apakah kualitas pengering blower  karpet tersebut bagus atau tidak. 



Beberapa tahun yang lalu penulis pernah mencoba mesin blower pakaian. Saat itu, hasilnya yang saya rasa kurang baik, kurang efektif dalam pengeringan. Akhirnya terpaksa blower dijual kembali.

Sebaiknya memang blower bukan jadi andalan. Sebaiknya tetap memiliki ruangan luas terbuka untuk menjemur karpet di bawah terik  mentari.  Selain energi panas gratis, juga tentu saja akan mengirit biaya operasional kita.

Demikian bagi penyedia jasa yang cuci karpet, antara alat pengeringan mesin dengan pengeringan matahari, padukan saja supaya keduanya saling melengkapi. (*)


MESIN SIKAT KARPET BISADILIHAT DI SINI.

PAKET LENGKAP ALAT CUCI KARPET

 

1 komentar untuk "Perlengkapan Alat Cuci Karpet Paling Minimal untuk Jasa Laundry Karpet "