Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Setrika Uap untuk Laundry


JURAGAN LONDRY – Salah Satu rangkaian pengerjaan pada usaha jasa laundry adalah menyetrika. Proses penyetrikaan sebenarnya biasa saja, sama dengan pengerjaan setrika di rumah tangga untuk pakaian anda. Bedanya pengerjaan setrika di laundry sangat banyak, memerlukan kecepatan disamping para pekerja yang terlatih.

Sejauh ini, disamping menyetrika dengan setrika listrik, ada juga menyetrika dengan setrika uap. Kelebihan setrika uap, kain setrikaan cepat licin dan panas uap tidak ada membakar baju, bila panas berlebih seperti halnya pada setrika listrik.

Cara kerja setrika uap, dengan menyemprotkan uap pada kepala setrika pada saat kepala setrika mengenai kain yang disetrika. Uap didapat dari selang yang tersambung pada tungku tempat pemasakan air dengan api gas. Kepala setrika bisa banyak, tergantung kapasitas tabung pemanas air dan kebutuhan anda.

Pada pemanas air juga dipasang beberapa perangkat. Seperti jarum untuk menunjukkan tekanan uap, lubang pengisian, kran dan lainnya. Hal ini untuk mengontrol tekanan uap secara otomatis jangan sampai tekanan uap terlalu kuat menghindari tabung meledak. Anda mungkin pernah mendengar berita di TV, kejadian tabung setrika uap meledak. Itu karena uap tersumbat dan part otomatisnya tidak bekerja dengan baik.

SETRIKA UAP PORTABEL

Setidaknya ada dua jenis setrika uap. 1. Setrika uap portabel ukuran kecil ada kedua (2) ukuran besar dengan selang tersambung antara kepala setrika dengan tabung uap.  Untuk setrika uap portabel bentuknya sangat unik, dengan kapasitas air sedikit. Misalnya satu liter. Karena kapasitas sedikit, pengguna harus sering-sering mengisi air ke dalam setrika jika setrikaan banyak.

Kelebihan setrika uap portabel, bentuknya unik, lucu dan banyak fitur diujung keluarnya uap. Setrikapun bisa digunakan untuk fungsi lain, seperti kecantikan dan membersihkan perlengkapan khusus.

Kedua, setrika uap boiler. Setrika uap ini cukup besar. Kapasitas tangki bisa mencapai 10 liter. Kelebihan model ini, isi air akan awet serta pemanas dengan gas.
SETRIKA UAP BOILER (SS AKUN TOKOPEDIA TUKANG LAUNDRY)

Mana yang lebih baik, setrika uap portabel atau setrika uap tabung? Kedua duanya ada plus minus. Namun demikian untuk penggunaan kecil2 saja, rasanya setrika uap portabel cukup. Sedangakn penggunaan besar, di laundry yang pekerjaanya banyak, sangat cocok penggunakan setrika uap tabung.

Tips Aman Menggunakan Setrika Uap
  1. Sebelum menggunakan, periksa sebelum menggunakan. Jangan sampai fungsi-fungsi, seperti kran, alat ukuran tekanan dan tuas  kepala setrika tidak berfungsi. Ini menghindari tekanan tidak keluar dari tabung, menghindari tabung meledak.
  2. Isilah dengan air bersih dan pas sesuai ukuran yang dianjurkan.
  3. Bila saat penggunaan uap tidak keluar banyak, padahal air sudah mendidih dalam tabung, berilah sedikit garam pada air. Jangan berlebihan karena uap akan basah pada kain.
  4. Jauhkan tungku atau tabung setrika dari benda-benda terbakar. Untuk menjaga api membakar dari dalam tunggu tangki uap.
  5. Periksa pula selang atau pipa jangan sampai ada yang bocor.
  6. Hindari juga dari jangkauan anak-anak.  

 VIDEO SETRIKA UAP LAUNDRY



3 komentar untuk "Mengenal Setrika Uap untuk Laundry"

  1. keren artikelnya...

    info Harga Rental Mobil Purwokerto
    Hub Venus
    081390764008

    www.mobilrentalpurwokerto.com


    https://info-rentalpurwokerto.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Artikel sangat mudah dipahami dan menarik. Pantas saja Laundry Jas Medan
    juga menggunakan alat ini. ternyata sangat efesien untuk menggosok jas.

    BalasHapus
  3. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus