Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suka Duka Bisnis Laundry. Ngenes Amat ya....

JURAGAN LONDRY – Apapun bisnis yang dijalankan, bukanlah bebas tanpa hambatan. Termasuk bisnis laundry, kadang enakkadang tidak enak. Dan berikut ini, kisah suka dan dukanya bisnis laundry.

Dikutif dari posotingan Rachmat Akbar di Grup Himpungan Pengusaha Laundry Indonesia (HIPLI)


 
‘Drrrrrrrrrrrtttttttttt,drrrrrrrrrrrrrt ‘’ bunyi getar HP terus menerus tidak berhenti, sontak saya terbangun.., melihat jam HP tepat menunjukkan pukul 23 malam,…..siapa sih malam2 begini telpon dan nggak berhenti, saya lihat sdh ada 10 misscall dari nomor telpon ini.
Saat saya angkat Telpon “ Halo”…..,


“Halo, Ini Bapak Hoshi yah ..Pak Saya Ibu Nurul, maaf malam2 saya nggangu, tapi saya mau minta tolong Pak ..,seragam anak saya untuk besok sekolah belum ada Pak, saya tunggu sampai malam kok belum ada yang ngantar Pak..” tiba2 suara telpon diseberang mengangetkan saya yang masih belum 100 persen On.

“Ibu Nurul.., apakah memang seharusnya hari ini pakaian ibu selesai.., Ia Pak tadi saya sempat telphon dan Karyawan Bapak sdh janji mau antar tapi sdh saya tunggu tidak juga datang.. bisa saya ambil sekarang Pak ?”
Aduh Cilaka…bagaimana sih ini anak2 janji ke pelanggan kok nggak bisa ditepati.

Akhirnya walaupun agak ragu apakah Laundryan Ibu Nurul sudah selesai, saya tetap menyetujui untuk melayani mengambil laundry malam hari. Untung jarak Ruko dengan Rumah berdekatan…, tidak sampai 5 menit sayapun sampai di Ruko.

Setelah mencari diantara tumpukan laundry akhirnya saya temui bungkusan baju Ibu Nurul” Alhamdulillah untung sdh selesai” tidak lama saya turun kebawah Ibu Nurul sdh sampai. Sambil mengajukan permohonan maaf saya serahkan bungkusan laundrynya. Untung pelanggan yang satu ini mau mengerti dan saya berjanji hal tersebut tidak akan terulang lagi dan juga berjanji untuk mengecek apa yg terjadi sehingga karyawan lalai memenuhi janjinya.

Keesokan harinya saat saya tanyakan kepada karyawan mereka mengakui bahwa mereka lupa karena banyaknya pelanggan yang minta diantar saat bersamaan, sehingga mereka melupakan laundry Ibu Nurul yang harus diantar, padahal sdh ada catatan yg dibuat Cs dan siapa petugas yg harus mengantarnya.

Cerita diatas adalah salah satu masalah yg pernah kami temui dari 1001 masalah yang sdh kami hadapi.
Mungkin peristiwa diatas tidak akan anda jumpai pada bidang usaha yang lain…, disaat sdh selesai jam operasionalpun anda masih harus melayani pelanggan, walaupun pada cerita diatas kesalahannya ada pada kami.

Belum lagi masalah pakaian luntur, pakaian tertukar, pakaian hilang, pakaian rusak, pelanggan yg memaksa laundryannya harus diselesaikan padahal masih belum jatuh temponya, laundryan tidak diambil ambil, minta uang dikembalikan karena biaya laundry ekspress kemahalan padahal laundryannya sdh diterima dan sdh dibayar.

Karyawan tidak masuk, karyawan resign, karyawan tidak berani berkata jujur saat merusak laundryan pelanggan, karyawan yang mencoba curang, mesin rusak, mesin pompa air rusak, selang setrika bocor, hawa ruangan panas, alat setrika rusak, ban motorbocor, karyawan sales pulang dan tidur dirumah, karyawan sering main hp, harga gas naik, harga chemicalnaik, harga listrik naik dll , dan saya yakin masalah yang ada di tempat andapun sama . ..bahkan saya yakin anda bisa menambahkan minimal 50 lagi list permasalahan yang sdh saya tulis diatas.

Jadi dimana Enaknya Bisnis Laundry?  Katanya bisnis ini punya potensi karena menyangkut kebutuhan primer/pokok..dan semua orang butuh akan mencuci pakaiannya.

Tapi usaha warung kelontongpun sama juga untuk memenuhi kebutuhan primer atau kebutuhan pokok, bahkan mungkin ada puluhan bahkan ratusan ribu warung2 kelontong di Indonesia saat ini, tapi coba anda lihat bagaimana nasib warung2 kelontong sekarang..?


Saya bisa pastikan paling hanya segelintir saja warung kelontong yang bisa tetap eksis dan menguntungkan, selebihnya mayoritas seperti mati segan hidupun segan . Saat ini usaha Laundrypun menjamur hampir seperti warung kelontong…, apakah nasib pengusaha Laundry nantinya akan seperti pengusaha Warung kelontong…? Waallahualam ..!

Keuntungan yang makin menipis karena persaingan harga, harga chemical naik, harga listrik naik, harga gas naik dan UMRpun ikut naik setiap tahunnya..? apakah pengusaha Laundry masih bisa menghasilkan keuntungan yang memadai…kalau keadaanya seperti ini ..!dimana enaknya ?

Jangan-jangan saat anda memulai bisnis ini, anda terbuai hitung2 diatas kertas, dengan analisa BEP yang menggiurkan bahwa dengan investasi sekian anda bisa BEP dalam waktu yang singkat.., padahal analisa BEP dibuat dengan menyederhanakan perhitungan dan mengabaikan faktor faktor lain.

Kita dengar banyak sukses story dan kita juga dengar banyak yang gagal dibisnis Laundry ini ? Uppppps ,sampai akhir paragraph ini saya menerka anda sudah melai kesal membaca tulisan ini, atau pasti anda menduga saya sedang menyebarkan virus negative dalam bisnis Laundry..,! tapi anda salah menduga…, saya barusan hanya menyajikan pengalaman2 yang benar benar real pernah saya rasakan.., tapi apakah masalah itu bisa diselesaikan….?





Insya Allah hampir semua masalah bisa kita selesaikan dengan baik ( Dan Insya Allah akan kita share bagaimana kita memecahkan persoalannya dalam setiap tulisan2 berikutnya ).

Bahwa setiap bisnis pasti mempunyai 1001 satu masalah, dan setiap bidang mempunyai hambatan2 yang berbeda dan tidak kalah rumitnya, justru disitu adalah medan tempaan, karena tidak ada satu bisnispun yang mudah ataupun enak…, semua bidang bisnis memiliki masalah.., memiliki tingkat kesulitan ..dan memiliki resiko.

Sejatinya Pebisnis yang sukses adalah pengusaha yang mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi.., bagaimana mensikapi dan mencari jalan keluarnya dan biasanya hanya segelintir orang yang bisa, sehingga tidak heran jumlah pengusaha sukses biasanya lebih sedikit dari pengusaha yang gagal.

Melalui tulisan ini saya mengajak agar kawan-kawan sahabat Hoshi, bisa mengambil pengalaman dari sahabat atau senior senior yang sdh lebih dahulu dan lebih sukses dari kita, mari kita belajar dengan mereka, karena belajar dari pengalaman sendiri itu baik, tapi lebih baik kita belajar dari pengalaman orang lain yang sudah sukses.

Dan saya berharap agar senior2 dibisnis Laundry juga bisa membagikan kisah2 suksesnya dalam memecahkan persoalan yang pernah dihadapinya.

Kesulitan biasanya memberikan peluang, karena hanya sedikit yang mau berhadapan dan tekun mengatasi kesulitan, karena fitrah manusia umumnya adalah senang menempuh jalan yang mudah.

Akhirnya saya , mendoakan agar mayoritas sahabat Hoshi termasuk manusia yang diberkahi oleh Allah swt dan menjadi pengusaha laundry yang sukses. Buat yang tidak berbisnis di bidang Laundrypun saya berharap kalian sukses dibidangnya masing2. Semoga bermanfaat dan mohon pencerahan dari para senior. (*)

1 komentar untuk "Suka Duka Bisnis Laundry. Ngenes Amat ya.... "

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus