Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Cuci Pakaian Bayi dengan Mesin Cuci

JURAGAN LONDRY – Pakaian bayi memiliki karakter khusus, karena dipetuntukan bagi bayi. Dari sisi bahan pakaian bayi banyak yang halus dan tipis juga desaian sangat minimalis.

Yang paling rawan kena kotoran pada pakaian bayi, di bagian celana atau popok. Pada bagian ini, seringkali terkana pipis atau kotoran sata buang air besar.

Bayi belum bisa memberi tahu dengan pembicaraan tahu jelas jika dirinya pipis atau buang air besar. Hanya saja, tanda-tandanya sudah terlihat dan orang tua pasti sudah paham, dengan gelagat tertentu, jika bayi sedang buang air besar atau kecil.

Terlihat juga tanda-tanda tidak nyaman jika bayi pipis atau buang air besar. Bisa berupa rengakan bahkan menangis karean tidak nyaman.






Jika tidak sempat dibuka, dapat dipastikan kotoran menempel pada kain. Kotoran bayi meski tidak banyak, namun kadang warnanya menempel pada kain yang digunakan dan saat mencuci harus mendapat perlakuan khusus.

Mencuci pakaian bayi pada prinsipnya sama dengan mencuci pakaian dewasa. Hanya saja, jika mencuci pakaian bayi yang terdapat kotora nampak, seperti bekas pipis, muntahan dan bekas BAB, perlu pre wash atau cuci pendahuluan. Ini sangat penting supaya kotoran sepeti tinja, tidak malah mengotori pakaian yang lain.

Jika anda mencuci pakaian dengan mesin cuci baik satu tabung atau dua tabung, buang terlebih dahulu kotoran bayi yang melekat pada kain. Sebersih mungkin dengan air dan detergen. Setelah kotoran hilang secara kasat mata, lalu bilas dalam mesin cuci.

Jika pada mesin dua tabung, pastikan putaran washernya tidak terlalu lama. Khawatir, putaran kipas mesin akan merobek pakaian bayi terutama jika pakaian bayi yang dapat membelit. Seperti popok, gurita yang terdapat tali-talinya.

Namun jika mencuci pakaian bayi dengan mesin cuci front loading, sebenarnya sudah terdapat fitur khusus, program pencucian untuk pakain bayi. Tinggal pilih fitur tersebut dan jalankan mesin seperti biasa.
Namun jangan lupa, pencucian dan pembuangan kotoran padat harus tetap dilakukan, seperti pencucian pada mesin cuci dua tabung.

Hati-hati juga dalam memberi pewangi pada pakaian bayi. Jangan sampai pewangi membuat iritasi kulit bayi, karena kulit bayi masih sangat sensitif terhadap bahan-bahan kimia.

Demikian tips dan trik mencuci pakaian bayi, baik pada mesin cuci top loading satu tabung atau dua tabung maupun pada mesin cuci front loading. Selamat mencoba. (*)

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Cuci Pakaian Bayi dengan Mesin Cuci"