Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Laundry

JURAGAN LONDRY – Berapa modal untuk memulai bisnis laundry kiloan dan apa saja peralatan yang dibutuhkan? Pertanyaan ini sering saya dengar baik di facebook, di telpon dan juga di obrolan warung kopi. 

Kepastian mendapat berapa angka yang dibutuhkan, memang sangat dibutuhkan para calon penguasa laundry untuk mengukur sejauh mana kemampuan finanasial sebagai modal awal, juga sejauh mana mengukur efektifitas usaha antara biaya yang dikeluarkan serta hasil yang akan didapat.



Namun demikian, menjawab secara pasti jumlah sekian rupiah untuk modal usaha laundry, tentu saja sulit. Karena menyangkut perlengkapan laundry apa yang dibutuhkan, bagaimana alat yang akan disediakan sehingga berpengaruh terhadap besar kecilnya investasi di bisnis ini.

Ada juga memang, dari beberapa  penjual perlengkapan alat laundry yang sudah menentukan harga. Misalnya mulai paket Rp25 juta, Rp50 juta hingga Rp150 juta, belum termasuk biaya sewa atau tempat.

Jika dicermati, terjadi perbedaan harga paket tersebut karena jumlah perlengkapan dan kualitas perlengkapan. Bisa jadi, peket mesin satu set, mesin cuci frot loading  dryer dan setrika dengan merek A hanya Rp25 juta  namun jika membeli B dengan spesifikasi yang sama lebih mahal atau lebih murah.

Dengan demikian jika menjawab berapa modal yang dibutuhkan, harus dilihat dulu apa yang akan dibeli sebagai investasi awal usaha laundry ini.  Yang penting anda harus memperhatikan, perlengkapan yang benar-beanr dibutuhkan, apalagii dengan anggaran terbatas.

Sebagai gambaran, berikut ini perlengkapan yang wajib diadakan dalam memulai bisnia laundry kiloan bisa diadakan sekeligus atau dicicil.

1.Mesin cuci.

Sebaiknya semua jenis mesin cuci anda miliki. Baik mesin cuci font loading, top loading dan juga dua tabung. Fungsi masing-masing sangat bermanfaat sesuai jenis cucian yang akan dikerjakan.

2.Mesin pengering (driyer).
Proses pengeringan pakaian dapat dilakukan dengan panas matahari, dijemur seperti penjemuran biasa.  Namun driyer atau mesin pengering pakaian sangat membantu jika musim hujan. Dryer menjadi andalan. Jenisnya tergantung kecocokan anda. Apakah dryer rotary  atau jenis mesin pengering blower.

3.Setrika.
Terserah anda mau menggunakan setrika uap ataupun setrika biasa. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

4.Gantungan baju.
Hanger sangat berguna untuk menggantung pakaian saat dijemur supaya tidak kusut juga menghemat ruang jemuran.

5.Top Gun
Fungsinya sebagai alat memberi label pada setiap helai pakaian supaya tidak tertukar saat poroses pencucian. Top gun ada yang besar ada yang kecil.

6.Jerigen pakaian

Jerigen berfungsi sebagai wadah ketika pakaian akan dicuci atau setelah dicuci.  Jumlah jerigen sesuai kebutuhan anda. Bisa hanya 3 hingga tak terbatas.

7.Timbangan
Sebaiknya menggunakan timbangan elektronik. Selain leibih akurat juga terlihat lebih bagus. Namun demikian, yang penting anda memiliki timbangan yang akurat untuk menimbang setiap pakaian yang masuk ke tempat usaha laundry anda.

Perlengkapan laundry di atas, setidaknya alat minimal yang mesti anda miliki ketika mulai bisnis laundry. Akan tetapi jika betul-betul anda modal nekat, asal anda bisa mencuci dan menyetrika, kemudian pakaian dikemas dengan baik, itu artinya anda sudah bisa memulai bisnis laundry. 


O IYA, JIKA anda melengkapi jasa laundry dengan cuci karpet, alangkah baiknya menyediakan juga mesin sikat karpet atau peralatan untuk mencuci karpet. 

MESIN SIKAT KARPET 


Ingat kata para pesohor di bidang bisnis, mulai usaha jangan menuggu perlengkapan lengkap, namun mulai apa yang kita miliki. Usaha juga jangan terlalu hitung-hitungan. Salah-salah, usah anda tak pernah mulai, sementara waktu terus bergulir dan pesaing anda sudah lari kencang meninggalkan anda.

Maka yang terpnting dalam memulai bisnis laundry juga bisnis lainnya, mulai, mulai, mulai dan kerjakan. Masalah pasti muncul dan itu tandanya usah mulai berjalan. (*) 

10 komentar untuk "Ini Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Laundry"

  1. Pengen usaha laundy tp cara mulainya dari mn ya tolong infony

    BalasHapus
  2. Kami Membuka Peluang Usaha Pakaian yang sangat menguntungkan  Peluang Usaha Pakaian

    BalasHapus
  3. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    BalasHapus
  4. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus