Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Mesin Cuci untuk Jasa Laundry Kiloan

LAUNDRY KILOAN – Salah satu pertanyaan yang sering muncul dari pengusaha yang akan membuka usaha jasa laundry kiloan, mesin apa yang mesti dipilih? Memang, menentukan mesin cuci sangat vital karena jantung usaha laundry kiloan terdapat pada mesin cuci. Sehingga memilih mesin cuci harus benar-benar tepat sasaran.

Mesin Cuci Front Lauding
Beriku ini saya mencoba membahas cara memilih mesin cuci untuk usaha jasa laundry kiloan anda.  Ada baiknya, penyedia jasa laundry kiloan memiliki  mesin dengan jenis yang berbeda.

Ada tiga varian mesin cuci  pabrikan (di luar  mesin cuci peroduk rumahan) yang beredar di pasaran. Yakni front lauding (pintu depan), top lauding (pintu atas) dan dual tabung (dua tabung) dengan pintu di atas.

Pertama, kelebihan Mesin Cuci Front Loading

Cara operasinya sudah full otomastis. Operator tinggal menyalakan mesin tanpa merasakan basah-basah. Program pencucian disesuaikan dengan ketersediaan fitur yang terpasang di mesin sehingga bisa mencocokkan dengan jenis pakaian yang akan dicuci.




Kedua, Mesin Cuci Top Loading

Mesin Cuci Top Loading
Mesin jenis ini sebenarnya sudah full otomatis. Sejak mecuci serta memeras sudah dilakukan oleh program mesin. Operator tinggal memasukkan pakaian yang akan dicuci. Dalam sekian menit atau jam sesuai dengan program yang dipilih, pakaian sudah selesai dicuci dan tinggal mengeringkan.

Bedanya dengan mesin cuci front lauding hanya pada pintu atas atau depan. Meski dari sisi kecanggihan dan style, memang  lebih keren mesin front lauding. Apalagi dari sisi harga juga lebih mahal mesin cuci front lauding.

Ketiga, Mesin Cuci Dual Tabung.  

Mesin cuci jenis ini paling banyak digunakan di rumah tangga. Cara menggunakannya full manual. Mulai memasukkan pakaian ke dalam mesin, memasukkan air hingga mencampur detetergen mutlak keterlibatan operator.


Mesin Cuci Dua Tabung
Hal yang sama jika akan mengulang pencucian. Membuang air dan mengisi air pada washer memerlukan tangan operator. Selanjutnya ketika memeras pada spiner mesin dual tabung harus dilakukan oleh operatior.

Tentu saja dari ketiga  jenis mesin di atas memilik kelenbihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya kelebihan dual tabung ia bisa mencuci meski pakaian sangat sedikit. Karena air akan bisa diatur secara manual. Mesin cuci dual tabung juga akan lebih kuat membilas pakaian yang sangat kotor.

Hemat penulis, untuk  mesin usaha jasa laundry, semua jenis mesin cuci mesti dimiliki. Hal itu mengingat pakaian yang akan dicuci di tempat jasa laundry sangat variatif. Adakalnya pakaian yang masih wangi farfum sudah dicuci. Sebeliknya, pakaian yang sangat kotor yang memerlukan tanaga ekstar harus juga dicuci tanpa pandang bulu.

Jenis-jenis pakaian itu tentu memerlukan mesin yang sesuai. Rasanya pakaian yang belepotan karena selalu digunakan di bengkel agak sulit jika hanya dicuci di mesin fron launding tanpa menggunakan cairan khusus. Maka solusinya bisa dipadu dengan mesin cuci dual tabung yang dibantu tangan yang dapat dikontrol setiap saat meskipun dalam keadaan mesin beroperasi.

Ketersediaan mesin dengan varian jenis tentu akan mempermudah produksi sehingga produksi lebih besar dan fleksibel. Namun demikian, dalam praktiknya tentu para pengusaha sendiri yang mengetahui kebutuhan mesin, sesuai dengan karakteristik pelanggannya. Setidaknya saran di atas sebagai perlengkapan minimal mesin cuci yang dimiliki oleh pengsuah laundry pemula. (*)  




2 komentar untuk "Cara Memilih Mesin Cuci untuk Jasa Laundry Kiloan"

  1. apakah anda membuhtukan mesin cuci untuk laundry anda? laundryplasa.com akan menjawab kebutuhan laundry anda...
    silahkan cek website kami dihttp://www.laundryplasa.com/

    BalasHapus